Blog Archives

Ungkapan cinta untuk Sdit AL Hikmah Bintara

Image

Ungkapan cinta untuk Sdit AL Hikmah Bintara

Bismillah ..

Masih sangat jelas dalam ingatan ku ketika mama dan abah mengajak ku berkunjung ke sebuah sekolah ber cat hijau terang . SEKOLAH ISLAM TERPADU AL HIKMAH . begitulah tulisan yang tertera di tembok besar sekolahnya .

” inshaallah , kalo kamu suka . Abah mau daftarin kamu di sekolah ini . Yuk kita liat – liat dulu ” ucap abah dengan tatapan hangat nya sambil memarkirkan motor di area lapangan sekolah .

“Mah .. Ada ayunan dan perosotan nya .. Aku mau main ma .. ” aku kesenangan melihat ada arena bermain didepan sekolah .

“Iya , nanti ya setelah kita selesai liat – liat sekolah nya kamu boleh main sebentar . Oke ?? ” ucap mama sambil melepas jacket rajut berwarna pink yang ku pakai

Kemudian .. Mama menuntunku menaiki anak tangga menuju ke lantai 2 .. Kami mulai membuka pintu sebuah ruangan kecil yang dingin .” Assalamuallaikum ” abah memberi salam . “Waallaikumsalam” jawab seseorang yang sedang duduk menatap layar komputer di dalam ruangan itu . Mataku memperhatikan detail setiap ruangan . Abah dan mama mulai duduk dan berbincang – bincang dengan seorang bapak paruh baya . Aku yang berada dipangkuan mama hanya terdiam mendengarkan obrolan mereka . Tak lama kemudian abah dan mama bangun dari tempat duduknya .

“Mari pak saya antar melihat – lihat kelas nya ” ucap si bapak yang aku belum ketahui namanya .

” kamu namanya siapa ” dia menyapaku

Dengan senyuman ku yang kata mama manis aku langsung menjawab “Hmmm … NAJWA … “

Kami ber empat turun kembali ke lantai bawah , melewati lapangan dan berjalan sampai ke sebuah pintu yang bertuliskan ” ali bin abi tholib “

“Assalamuallaikum” si bapak menggetuk dan menggeser pintu nya

Seorang wanita berjilbab panjang keluar dan membalas salam ” waallaikumsalam “

” Maaf mengganggu sebentar miss , ayo najwa liat kelasnya ” ucap si bapak sambil memandang wajahku

Aku terbilang anak yang cukup berani , dengan cukup percaya diri kulangkah kan kaki ku ke dalam kelas yang cukup ramai . Kulihat semua anak perempuan memakai kerudung biru mereka yang ada di dalam nya menatap ku . ada yang tertawa , ada juga yang berbisik bisik kepada teman lain nya .

“Assalamuallaikum , namanya siapa ?? ” tanya perempuan berjilbab panjang sambil mengusap pipi ku . Ramah sangat ramah aku suka suasana di sekolah ini .

Sambil memperhatikan ku yang sedang bermain jungkat jungkit Abah menanyakan apakah aku suka sekolah nya?? Aku jawab “iya, bah aku suka .. Aku mau sekolah SD disini “

Yah begitulah .. Pertama kali aku mengenal AL HIKMAH sebuah sekolah dasar islam yang aku datangi setiap pagi . Dengan jas hijau untuk hari senin , rompi biru khas AL HiKMAH untuk hari selasa , batik hitam pada hari rabu , pramuka kamis , muslim bebas untuk hari jum’at tak ketinggalan seragam olah raga berwarna biru dongker dengan garis kuning disamping nya . Itulah seragam favorit yang setiap hari kupakai dari hari senin sampai jum’at .

Tak terasa sudah hampir 6 tahun aku berada di AL HIKMAH . Selalu ku ingat kelas yang kusinggahi setiap tahun nya

1. mus’ab bin umair , dengan wali kelas ms. Ria dan ms Ratih . Saat ini mereka sudah tidak mengajar di AL HIKMAH lagi . Tetapi aku masih mengingat nama mereka dan semua kenangan nya . Terima kasih ms , kelas 1 di mus’ab begitu menyenangkan

2 . Abu Dzar
Dengan wali kelas ms Dewi dan ms siti tetap dengan teman – teman yang sama persis di kelas 1 mus’ab bin umair.

3. Salman al farisi ms Lilah dan mr Pram , mereka termasuk guru yang sangat aku sukai . Begitu juga dengan semua teman – teman di dalam nya . Kali ini teman – teman ku tidak sama dengan 2 tahun sebelum nya . Tapi ada beberapa teman lama bergabung dengan ku . Di kelas ini pula aku berpisah dengan 2 teman baik ku aimee dan mia . Ms lilah , mr pram terima kasih sudah mengajariku banyak hal . Untuk ms lilah yang sudah tidak di AL HIKMAH , salam kangen ms . Semoga ms lilah dan keluarga kecil nya bisa selalu bahagia . Doakan aku ya ms , murid mu yang sedikit nakal ini .

4. Hafshoh binti umar
Dikelas 4 aku bertemu kembali dengan ms. Dewi sebagai wali kelas ku . Di kelas 4 ini kebetulan aku dapat kelas yang muridnya khusus anak perempuan . Banyak hal yang aku dapat dijenjang ini . Khususnya bagaimana cara seorang muslimah berpakaian dan berakhlak . Terima kasih ms dewi.

5. Ibnu mas’ud
Ms Husna , guru terfavorit ku . Ms husna yang sangat penyabar menghadapi kenakalan kami di kelas ibnu . Teman – teman di dalam nya juga tak akan pernah aku lupakan kelas ini merupakan kelas terfavorit . Ada beberapa teman yang selalu membuat ku selalu tertawa dengan tingkah lucu nya . Nyaman , senang dan tak terlupakan 3 kata untuk kelas ibnu . Terima kasih ms.husna aku sangat menyayangi mu .

6. Anas bin malik
Kelas yang kutempati saat ini . Ms ifa sebagai wali kelas kami . Di kelas 6 ini teman -teman ku masih tetap sama . Hanya ada 2 orang anak perempuan yang pindah ke kelas lain . Di jenjang ini kami sudah harus serius dan tekun belajar karena kami akan menghadapi UN

Alhamdulillah kami telah selesai menghadapi UN , dengan begitu sebentar lagi kami akan meninggalkan sekolah yang kami datangi setiap setiap 5 hari dalam seminggu , 20 hari dalam satu bulan , 240 hari dalam setahun dan sekiranya ada 1.440 hari dalam 6 tahun . Sangat banyak kenangan di sekolah ini . Sangat banyak ilmu yang kudapat di sekolah ini terutama ilmu agama.

Terima kasih untuk seluruh guru BTAQ dan guru PAI khususnya mr shodiq , mr yudhi , mr rofi , dan mr yunus yang telah mengajari kami membaca al qur’an dengan baik , telah mengajari kami menghafal al qur’an dan hadist , telah mengajari kami ilmu agama , telah mengigatkan kami untuk selalu sholat 5 waktu , mengingatkan kami untuk selalu patuh kepada kedua orang tua , mengingat kan kami agar selalu menjadi anak yang berakhlak mulia .

Terima kasih untuk mr momon , mr agung , mr ahmad , mr ginanjar , mr faisal yang sekarang sudah tidak di al hikmah lagi . Doakan kami semoga nasehat dan ilmu yang kalian berikan akan selalu bermanfaat untuk kami semua

Terima kasih untuk semua guru bidang study , khususnya ms laila , ms dhea , ms husna , ms ifa , ms siti , mr andre , mr maskur , mr mubarok , mr danang , dan seluruh guru2 al hikmah yang mungkin lupa saya sebutkan

Dan terima kasih untuk mr .irsan anwar . Saya pribadi tidak pernah mengalami bagaimana cara mr irsan mengajar karena selama 6 tahun bersekolah di al hikmah mr irsan tidak pernah mengajar bidang study di kelas yang aku tempati . Tetapi , mr irsan begitu ramah dan bersahabat pada kami. Saya rasa mr irsan bukan sekedar guru tapi juga sahabat terbaik kami . Terima kasih mr irsan

Tidak lupa terima kasih ku untu semua ms dan mr yang ada di ruang tata usaha ms.riri, mr aldis , mr hendra, mr khotib dan lain nya terima kasih untuk kerja kerasnya selama ini.

Untuk om satpam , om deddy , om abdul , dan om mufroni, Terima kasih telah membuat kami aman berada di AL HiKMAH terima kasih selalu membantu kami menyebrang jalan , dengan gagah berani kalian memberhentikan kendaraan yang lewat untuk keselamatan kami. Cacian orang yang kadang kesal dengan sikap kalian tidak kalian hiraukan . Terima kasih om semoga kalian selalu sehat dan selalu dalam lindungan allah.

Untuk om OB , terima kasih sudah menjaga kebersihan kelas , toilet dan lingkungan sekolah kami . Semoga kalian juga selalu dalam lindungan allah.

Hanya beberapa hari lagi aku dan teman – teman seangkatan ku akan meninggalkan Sekolah dasar tercinta kami SDIT AL HIKMAH . Kata terima kasih tidak akan pernah pernah cukup kami ucap kan untuk guru – guru tercinta kami . Maafkan kami mr dan ms mungkin kelakuan kami pernah membuat kalian jengkel dan marah . Tapi kami yakin teguran dan hukuman yang kalian berikan itu semua untuk kebaikan kami . Doakan kami mr , ms semoga kelak kami menjadi anak – anak yang sholeh dan sholeha selalu taat pada perintah allah dan rosulnya , selalu patuh dan sayang pada orang tua , selalu berakhlak baik , jujur dan bertanggung jawab dan kami dapat menggapai cita – cita kami .

Doa kami untuk seluruh guru – guru kami termasuk kepala sekolah kami mr asrori yang ternyata dialah laki – laki paruh baya yang pertama kali mengantarku melihat- lihat kelas.

Kalian bukan hanya seorang guru untuk kami kalian adalah sahabat kami . Semoga kalian semua selalu diberikan kesehatan , keberkahan dan keselamatan dunia akhirat oleh ALLAH SWT .Semoga allah membalas semua kebaikan kalian . Semoga ilmu yang kalian berikan dapat bermanfaat untuk kami . Terima kasih SDIT AL HIKMAH.

We’ll never forget you

Najwa jessar

Bagaimana Proses Terjadinya Petir?

Image

Pasti kalian semua sudah sering melihat fenomena alam ini kan?? B) :huh:

 

Petir terjadi akibat perpindahan muatan negatif menuju ke muatan positif. Menurut batasan fisika, petir adalah lompatan bunga api raksasa antara dua massa dengan medan listrik berbeda. Prinsip dasarnya kira-kira sama dengan lompatan api pada busi. :dry:

Petir adalah hasil pelepasan muatan listrik di awan. Energi dari pelepasan itu begitu besarnya sehingga menimbulkan rentetan cahaya, panas, dan bunyi yang sangat kuat yaitu geluduk, guntur, atau halilintar. Geluduk, guntur, atau halilintar ini dapat menghancurkan bangunan, membunuh manusia, dan memusnahkan pohon. Sedemikian raksasanya sampai-sampai ketika petir itu melesat, tubuh awan akan terang dibuatnya, sebagai akibat udara yang terbelah, sambarannya yang rata-rata memiliki kecepatan 150.000 km/detik dan saat itu juga akan menimbulkan bunyi yang menggelegar.

Proses terjadinya petir yaitu disebabkan oleh perpindahan muatan negatif (elektron) menuju ke muatan positif (proton). Para ilmuwan menduga lompatan bunga api listriknya sendiri terjadi, ada beberapa tahapan yang biasanya dilalui. Pertama adalah pemampatan muatan listrik pada awan bersangkutan. Umumnya, akan menumpuk di bagian paling atas awan adalah listrik muatan negatif; di bagian tengah adalah listrik bermuatan positif; sementara di bagian dasar adalah muatan negatif yang berbaur dengan muatan positif. Pada bagian bawah inilah petir biasa berlontaran. Dan besar medan listrik minimal yang memungkinkan terpicunya petir ini adalah sekitar 1.000.000 volt per meter. :ohmy: :huh:
Petir dapat terjadi antara:
1. Awan dengan Awan

2. Dalam awan itu sendiri

3. Awan ke Udara

4. Awan dengan tanah (bumi)
Apabila terjadi hujan dan petir, sebaiknya kita menghindari tempat terbuka. Karena di tempat yang terbuka, kemungkinan besar petir akan menyambar.
Gak kebayang kan gimana jadinya kalau kita tersambar petir dengan tegangan 1.000.000 volt..???

 

Sumber :

http://www.ayosekolah.com/forum/17-fisika/804-bagaimana-proses-terjadinya-petir.html

Oleh : Ms. Ria (Guru kelas 4)