CINTA ALAM

Standard
CINTA ALAM

Ketersediaan lahan, sumber daya air, energi, bentang alam, tradisi masyarakat sekitar, dan ekosistemnya bukan sebuah halangan

Terinsfirasi dari lingkungan alam sekitar saat ini yang sangat memprihatikan, maka kami berusaha memperkenalkan cara hidup dengan tema Cinta Alam dengan mengimplementasikan secara lebih luas. Berbagai cara kami lakukan. Selain berserah diri kepada Allah Subhannahu Wa Ta’ala, tentu saja perlu dilakukan upaya penyadaran agar umat manusia makin ramah pada lingkungan, yang dimulai dari dini.
Di sinilah, konsep cinta alam dengan memupuk dan menumbuhkan sikap peduli lingkungan melalui proses pembelajaran dan pembiasaan menjadi penting dan strategis. Sekolah merupakan tempat dimana proses pembelajaran dilaksanakan dengan mengarah mengarah pada upaya pembentukan perilaku siswa yang peduli lingkungan, melalui model pembelajaran yang aplikatif dan menyentuh kehidupan sehari-hari.

Lingkungan sekolah adalah lingkungan kehidupan sehari-hari siswa. Jika lingkungan sekolah dapat ditata dan dikelola dengan baik, maka akan menjadi wahana efektif pembentukan perilaku peduli lingkungan.salah satu contoh yang kami lakukan adalah dengan cara pengelolaan lingkungan dilingkungan sekolah yaitu melalui pemanfaatan dan penataan lahan sekolah menjadi laboratorium alam dengan menjadi kebun dan tanaman obat-obatan, ajakan hemat energi dan air, juga daur ulang sampah melalui proses reduce, reuse, dan recycle,dengan tujuan akhir adalah  terbentuknya pembiasaan perilaku nyata yang positif di antaranya kedisiplinan, kerja sama, kepedulian, dan kejujuran (pen. Mr. Momon)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s