Mengenal Sikap Dan Kebiasaan Belajar Yang Baik

Standard

Kebiasaan adalah suatu perilaku yang merupakan kebiasaan yang akhirnya menjadi otomatis dan tidak membutuhkan pemikiran si pelaku, sehingga si pelaku dapat memikirkan hal-hal lain yang lebih menarik ketika ia sedang berperilaku yang merupakan kebiasaan tersebut.

Kebiasaan belajar bukan bakat alamiah atau bawaan dari lahir. Setiap orang dapat membentuk sendiri kebiasaan itu. Kebiasaan belajar yang baik timbul didalam diri kita jika kita berniat melakukannya. cara seseorang untuk kegiatan belajar inilah yang akhirnya membentuk kebiasaan belajar. Kebiasaan belajar merupakan hal yang penting dalam menentukan efektif tidaknya usaha belajar yang dilakukan.

belajar
Tidak ada individu yang tepat sama dengan individu yang lainnya, sehingga kegiatan belajar yang dilakukan oleh individu yang satu dengan yang lainnya juga tidak sama. Pemakaian metode belajarpun berbeda ada yang menyukai belajar sendiri, ada pula yang menyukai belajar kelompok. Cara seseorang melakukan kegiatan belajar akhirnya akan membentuk kebiasaan belajar inilah yang merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan efektif tidaknya usaha belajar yang dilakukan.

Untuk mencapai keberhasilan belajar diperlukan sikap dan kebiasaan belajar yang baik antara lain :

  1. Perhatikan cara duduk ketika belajar. Cara duduk yang tegak tapi santai dapat melancarkan aliran darah dan oksigen ke otak sehingga memudahkan dalam penyerapan informasi.
  2. Perhatikan pula posisi tempat duduk. Tempat duduk harus sesuai dengan kemampuan mata. Dalam hal ini, jika mata sedikit bermasalah dengan penglihatan maka cari posisi yang dekat dengan papan tulis / white board.
  3. Penerangan ruangan harus memadai, tidak redup dan tidak terlalu terang.
  4. Tidak menggunakan sistem kebut semalam karena kemampuan otak kita terbatas. Belajar harus dilakukan dengan cara mencicil materi pelajaran dan dilakukan secara rutin.
  5.  Tingkatkan disiplin dalam belajar, misalnya datang ke sekolah 15 menit sebelum bel berbunyi.
  6. Konsentrasi atau pusatkan perhatian.

Ada beberapa hal untuk membiasakan cara belajar yang baik, antara lain :

  1. Mengetahui tujuan belajar, seperti untuk apa kita belajar, manfaat apa saja yang akan kita peroleh dalam belajar, dan lain-lain.
  2. Minat terhadap pelajaran. Jangan sampai cara mengajar guru membuat kita tidak belajar atau membenci pelajaran tertentu.
  3. Harus percaya diri. Dengan sering berlatih mengerjakan tugas sendiri baik itu latihan, PR, maupun ulangan dengan tidak mencontek pekerjaan teman.
  4. Harus ulet dan tekun. Belajar itu membutuhkan semangat pantang menyerah. Apabila soal latihan dan tugas terasa sulit dipecahkan, mintalah bantuan kepada teman, kakak, atau orang yang lebih pandai.

blogging by -Ms. Ifa-

About Admin Al Hikmah

ekolah Internasional Plus dengan tetap menjadikan pesan-pesan Dienul Islam sebagai rujukan yang utama dan pertama yaitu Al-Qur’an dan As-Sunnah. Metode- metode mutakhir seperti SAL (Student Active Learning), Multiple Inteligence (Kecerdasan Majemuk), Pendekatan Pengajaran Tematik, Multilingual (Pengantar Tiga Bahasa), sistem penilaian melalui Rapor Narasi, dll. Insya Allah akan lebih mengoptimalkan seluruh Input, Proses, dan Output dalam kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s