BELAJAR EFEKTIF DENGAN GAYA BELAJAR YANG MENYENANGKAN

Standard

senang belajarBelajar adalah proses dari tidak tahu menjadi tahu. Untuk mencapai hasil yang maksimal, maka perlu adanya perencanaan sebelum belajar agar belajar berjalan efektif dan efesien. Lalu, apa yang dimaksud belajar efektif dan efisien?
Belajar efektif dan efisien adalah belajar yang terarah dan tepat sasaran, waktu dan tepat guna.
Langkah-langkah belajar efektif dengan prinsip-prinsip sebagai berikut:
1. Niat
2. Memiliki catatan lengkap, teratur dan rapi
3. Konsentrasi / memusatkan perhatian
4. Memotivasi diri, misal nya dengan bertanya apabila belum mengerti dengan pelajaran.
5. Kreatif
6. Ajarkan teman apabila mereka belum mengerti.
Untuk menunjang belajar yang efektif diperlukan dukungan, seperti:
1. Suasanan rumah tenang, ada tempat belajar, ada waktu yang telah ditentukan
2. Belajar harus dialami secara langsung
3. Tumbuhkan semangat membaca
4. Gunakan waktu secara efektif untuk belajar.
Memang tidak mudah untuk melaksanakan belajar efektif tetapi paling tidak anda harus mencoba dengan cara, metode 3M, yaitu:
1. Mulailah dari diri anda sendiri untuk melakukan perubahan
2. Mulailah bekerja dari hal-hal yang kecil dan mudah, dan terus bertahap sampai yang lebih besar atau sulit.
3. Mulailah melakukan dari sekarang juga, jangan menunda-nunda waktu walau sedetik.
Dalam belajar banyak cara atau teknik yang dapat dilakukan. Untuk salah satu belajar efektif dan efisien adalah dengan gaya belajar yang menyenangkan. Setiap gaya belajar merupakan kekuatan keunikan untuk mendapatkan hasil belajar yang optimal bagi setiap orang. Gaya belajar ada 3 yaitu: gaya belajar visual, Auditori, dan Kinestetik. Setiap orang memiliki gaya belajar, akan tetapi hanya satu lah yang paling dominan.

A. Visual (belajar dengan cara melihat)
Seorang pelajar yang memiliki tipe gaya belajar visual akan terdorong dalam belajar dengan membuat simbol-simbol dan gambar-gambar dalam catatan.

 Ciri-ciri gaya belajar visual :
a. Bicara agak cepat
b. Mementingkan penampilan dalam berpakaian/presentasi
c. Tidak mudah terganggu oleh keributan
d. Mengingat yang dilihat, dari pada yang didengar
e. Lebih suka membaca dari pada dibacakan
f. Pembaca cepat dan tekun

B. Auditori (belajar dengan cara mendengar)
Pelajar yang memiliki gaya belajar auditori mereka lebih suka mendengarkan cerita serta mengulang-ulang informasi, lebih suka merekam dengan kaset dari pada mencatat.
 Ciri-ciri gaya belajar auditori :
a. Berbicara sendiri pada saat belajar
b. Mudah terganggu dengan keributan
c. Senang membaca dengan keras dan mendengarkan
d. Kesulitan untuk menulis, tapi hebat dalam bercerita
e. Suka mendengarkan dan mengingat apa yang didiskusikan dari pada yang dilihat.
C. Kinestetik (belajar dengan cara bergerak, bekerja dan menyentuh)
Pelajar yang memiliki tipe gaya belajar kinestetik menyukai belajar dengan gerakan-gerakan.
 Ciri-ciri gaya belajar kinestetik :
a. Berdiri lebih dekat saat berbicara dengan seseorang
b. Suka menggunakan jari untuk menunjuk pada saat membaca
c. Suka mengetuk-ngetuk pena, jari atau kaki pada saat mendengarkan
d. Suka menulis saat sedang membaca sesuatu, senang [Ms. LF]

About Admin Al Hikmah

ekolah Internasional Plus dengan tetap menjadikan pesan-pesan Dienul Islam sebagai rujukan yang utama dan pertama yaitu Al-Qur’an dan As-Sunnah. Metode- metode mutakhir seperti SAL (Student Active Learning), Multiple Inteligence (Kecerdasan Majemuk), Pendekatan Pengajaran Tematik, Multilingual (Pengantar Tiga Bahasa), sistem penilaian melalui Rapor Narasi, dll. Insya Allah akan lebih mengoptimalkan seluruh Input, Proses, dan Output dalam kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s