perang melawan Virus

Standard

piracy

Saya masih ingat dengan kejadian 1 bulan lalu, dimana hampir seluruh guru SDIT Al Hikmah merasa takut dengan benda kecil bawaaanya yang berisi soal UTS, terjangkit virus dan menghilangkan kerja keras, bergadang, dan susah tidur untuk menyelesaikan soal yang nyaris sempurna bagi anak kesayangan mereka.

Sebenarnya semengerikan apakah sang virus yang ditakuti di jagad Al Hikmah 1 bulan belakangan ini, beberapa sumber yang tidak ingin di sebutkan namanya mengatakan, “semua file hilang”, “setelah flash disk masuk laptop, office jadi ga bisa dibuka (rusak)”, “semua file tidak bisa di buka dan berubah jadi VBE/VBS”, “gambar dan document hilang, tapi excel masih bisa di buka”, dan lain-lain komentar yang membuat pembuat soal kehilangan dapat kehilangan “tanda tangan”.

lalu bagaimanakah obat dari virus ini?

mari kita simak firman berikut:

“Dan Kami turunkan dari Al-Qur`an suatu yang menjadi penyembuh dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al-Qur`an itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang dzalim selain kerugian.” (Al-Isra`: 82)

“Dan apa saja musibah yang menimpa kamu Maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu)” (QS. AsySyura:30)

yups, benar sekali sahabat segala virus yang mengoncang dan berkecamuk di flash disk sudah memiliki obat bahkan sebelum virus tersebut ada, tentunya asalkan kita mengikuti aturan yang berlaku. Tidaklah ada semua permasalahan kecuali ada didalam Al-Quran yang di jelaskan dalam As-sunnah termasuk cara berperang dengan virus ini, salah satunya adalah menghindarai berbuat zhalim dalam mengunakan komputer/laptop.

1. Tidak berbuat zhalim dalam mengunakan komputer/laptop beserta isinya.

Piracy-crime-scene-PC-600x400Piracy-crime-scene-PC-600x400Piracy-crime-scene-PC-600x400Piracy-crime-scene-PC-600x400

  • pastikan berisikan windows orisinil ( asli / non palsu), sehingga memiliki sekuriti yang didukung secara Online, dan apa bila ada perubahan baik dari file-file system karena si virus anda dapat mengupdate secara online dan mendapatkan manfaat dari maintenance/ perbaikan secara gratis. (anda bisa membeli window 7/xp/8  dari kisaran harga 400ribu – 2juta rupiah)
  • pastikan software microsoft office anda juga asli, sehingga apa bila terserang virus anda dapat meng update dan secara otomatis akan memperbaiki sendiri kerusakan yang ada. (anda bisa membeli dengan kisaran harga 800ribu -10juta rupiah)
  • atau gunakan software dan OS gratis sehingga bisa di update kapansaja, dan apa bila menggunakan linux jelas virus tersebut tidak bisa berkembang biak di linux, alhasil bebas virus.

mengapa mengunakan satu software bajakan kok disebut berbuat zhalim? bukannya kita tidak merugikan si pembuat program/ windows?

  1. maka saya katakan pembuat program / windows meraup keuntungan dari penjualan programnya dan mendapat kerugian dari tiap orangyang membajaknya, kalaulah seluruh orang membajak, dan tidak ada yang membeli asli niscaya akan membuat perusahaan itu mati. http://www.microsoft.com/en-us/piracy/default.aspx
  2. islam mengenal dengan hak kekayaan intelektual silahkan baca lebih lanjut.
  3. hukum software bajakan
  4. kalau lah kita berkata keadaan darurat maka kita harus dalam posisi dimana tidak ada cara lain, software lain (yang gratis), dan tidak ada OS lain (Linux), bukan dengan alasan lebih enak pakai windows atau bahasa lainnya susah.

semoga tulisan ini bermanfaat.

insya Allah akan berlanjut dengan tulisan, mudahnya memakai libre office/OpenOfice, GIMP, dan INKScape

Kamis, 28/03/13 mr agung guru TIK  SDIT Al Hikmah Bintara

About Admin Al Hikmah

ekolah Internasional Plus dengan tetap menjadikan pesan-pesan Dienul Islam sebagai rujukan yang utama dan pertama yaitu Al-Qur’an dan As-Sunnah. Metode- metode mutakhir seperti SAL (Student Active Learning), Multiple Inteligence (Kecerdasan Majemuk), Pendekatan Pengajaran Tematik, Multilingual (Pengantar Tiga Bahasa), sistem penilaian melalui Rapor Narasi, dll. Insya Allah akan lebih mengoptimalkan seluruh Input, Proses, dan Output dalam kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

One response »

  1. Subhanallah. ana akan coba belajar untuk beralih ke linux. tapi kalau bisa secara sistematis semua komputer disekolah termasuk komputer guru memakai linux. kalau perlu dibuat aturan baku dari kepala sekolah/ yayasan. ini bagian dari kecintaan kita untuk menjalankan perintah Allah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s