Yuuuuuuuukk semmangati anak kita belajar

Standard

Pada tahap perkembangan anak senantiasa membuat kita sebagai orang tua repot. adakalanya anak  menginginkan sesuatu hal yang tak kita duga, memegang semua benda yang ada didepanyya pula dan banyak lagi ulah anak yang kita jumpai dalam kesehariannya. hal itu mungkin merupakan proses pembelajaran yang sedang dilakukan, namun kadang kala kita sebagai orang tua lupa akan hal itu…

menginjak anak usia sekolah tak jauh berbeda dengan anak-anak usia pra sekolah, ukkk ulahnya bejibun alasannya pun buanyaaak, terutama jika kita menginginkan anak kita untuk belajar.

Dari pengalaman selama mengajar, tidak sedikit orang tua murid bercerita mengenai anak-anak mereka. anak kita lebih pintar dari orang tua dalam mencari alasan agar terhindar dari yang namanya BELAJAR. mulai dari yang super males (alasan sakit perut lah), bawel, ceret, membentak, bakhan sampe menangis se jadi-jadinya dll.

dari cerita tua saya mencari literasi Gimana SIH menyemangati anak kita untuk mau belajar

Berikutnya adalah tips bagaimana agar, anak kita menjadi rajin dan mudah sekali belajar dan sekolah.

1. ketika pulang sekolah tanyakan “hai sayang, apa yang menyenangkan hari ini disekolah?” Otomatis otak anak akan mencari hal-hal yang menyenangkan disekolah dan ini secara tidak langsung akan memberitahu sang anak bahwa sekolah adalah tempat yang menyenangkan.

2. Saat anak tidur (Hypnosleep), katakan “makin hari, belajar makin menyenangkan”, “sama halnya dengan bermain, belajar juga sangat menyenangkan”, “mudah sekali bagimu untuk belajar (berhitung, menghafal dll)”.

3. Jelaskan manfaat dari pelajaran yang sedang dipelajari (sesuai dengan minat anak tersebut) misal: dengan mempelajari perkalian, maka saat liburan naik kelas nanti nanti kamu bisa menghitung berapa harga barang yang akan kamu beli di Mall dan kamu bisa membandingkannya dengan harga di warung biasa.

4. Mintalah guru les pelajarannya (jika ada), sering-sering mengatakan bahwa anak kita adalah anak yang hebat dan luar biasa. Pujian yang tulus dan memompa semangatnya jauh lebih penting dari pada mengajarkan tehnik-tehnik berhitung dan menghafal  yang cepat. Mintalah bantuan orang-orang sekitar termasuk guru untuk meningkatkan harga diri anak kita.

5. Jika anak kita masih kecil dan masih suka dibacakan dongeng, bacakan dongeng dengan posisi memangku dia (dengan posisi yang nyaman, serta memudahkan kita orangtua untuk memberikan ciuman kasih sayang atau pelukan sayang) tujuannya agar anak mengkaitkan membaca buku dengan rasa cinta dari orangtua dan buku adalah hal yang sangat menyenangkan.

6. Gunakan surat rahasia dari orangtua kepada anak, kita bisa berkata “nak, Ibu telah meletakan surat rahasia buat kamu. Cuma kamu dan ibu yang tahu isinya. Ibu letakan dibawah bantal tidurmu, bacalah setelah makan ya”. Isinya bisa berupa kata-kata yang menyemangati anak dalam kegiatan belajar dan sekolahnya.

naaah mudah mudahan dari uraian ini dapat bermanfaat buat kita semua…semoga berhasil

Ida Cahaya

dari berbagai sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s