Dampak positif dan negatif internet

Standard
DAMPAK POSITIF
•Seseorang dapat dengan mudah mencari informasi yang ingin diketahui. Dengan hanya mengetikkan kata pada mesin pencari (search engine), ada banyak situs web yang dirujuk tentang informasi tersebut.
•Adanya e-mail memungkinkan seseorang dapat mengirim sebuah surat untuk orang lain dengan cepat dan mudah.
•Ruang obrol (chatting room) memungkinkan seseorang untuk berkomunikasi dengan banyak orang yang saling berjauhan sekaligus. Anak bisa berkenalan dengan Anak lain yang berbeda wilayah atau Negara sehingga kemampuan berkomunikasi dengan bahasa lain juga.
•Hadirnya situs web jejaring sosial seperti Facebook atau Twitter yang memungkinkan seseorang untuk menemukan teman lama yang sudah lama tidak dijumpai.
•Memperkaya pengetahuan genarasi muda bangsa dalam meningkatkan mutu dan kualitas bangsa itu sendiri di mata Dunia. Ilmu Pengetahuan Anak akan semakin luas karena berbagai macam Ilmu Pengetahuan ada di Internet.
•Memudahkan siswa ataupun anak dalam mengerjakan tugas maupun mencari materi pelajaran di sekolah.
•Menjadikan anak tidak ketinggalan akan teknologi yang semakin berkembang dari hari ke hari.
DAMPAK NEGATIF
•a. Terdapat situs-situs dan permainan yang dapat menggangu perkembangan anak seperti Pornografi, Permainan yang berbau kekerasan dan lainnya.
•b. Kecanduan pada dunia Komputer dan Internet yang juga dapat mempengaruhi perkembangan anak. Banyak anak yang ketagihan atau kecanduan Internet sehingga mereka betah berlama-lama di depan komputer sehingga lupa akan kewajiban mereka yang lebih penting untuk makan, mandi bahkan enggan untuk belajar.
•c. Kurangnya sosialisasi dengan orang terdekat karena kesukaannya akan bermain internet.
•d. Membentuk karakter anak yang maya. Salah satu penyebab seorang anak begitu menyukai Internet karena mereka mendapatkan suatu pengalaman baru dan mereka bisa mendapatkan kenyamanan. Atau mereka mendapat sesuatu dari dunia maya ini yang tidak bisa didapatkan di dunia nyata. Di dunia maya dia bisa menjadi orang lain yang diinginkan. Misalnya, seorang anak yang pemalu dapat dengan mudah berkenalan melalui chating atau e-mail. Dalam game online, mereka dapat membuat karakter mereka menjadi karakter yang cantik, kaya, atau hal lain yang mungkin berbeda dengan kehidupan nyata mereka.
•e. Anak bisa menjadi korban penipuan dari penggunaan layanan internet seperti chating. Misalnya mereka berkenalan dan melakukan komunikasi dengan orang yang tidak dikenal melalui chating, kemudian diajak untuk bertemu, maka mereka bisa menjadi korban kejahatan orang yang tidak dikenal tersebut.

MEDIA, POSITIF ATAU NEGATIF?

Positif, Jika :

1. Muatannya edukatif

2. “Entertaint”, jika dia hiburan

→ olah rasa, pencerahan.

3.  Dikonsumsi secara proporsional

4.  Pendampingan, ada tempat bertanya.

•Negatif, jika:
1.Muatannya tidak edukatif.

Pada umumnya ada 2 tema utama yang bermuatan tidak edukatif :

a. Pornografis.

b. Kekerasan.

2. Hiburan yang mengungkapkan pelecehan dan kata-kata kasar.

3. Mengkonsumsinya tidak proporsional (lebih dari 2 jam secara terus menerus)

4. Ortu tidak melakukan kontrol media apa yang dikonsumsi anak.

 

oleh ms.Dhea (guru SDIT Al Hikmah)

dikutip dari berbagai sumber di internet

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s