Tips Merawat AC

Standard

Tips Merawat AC

AC ruangan bisa menjadi satu-satunya penyelamat anda di tengah suhu kota yang sangat panas. Meskipun anda selalu mengandalkan AC untuk menyejukkan udara di rumah anda, jangan lupa untuk memperhatikan perawatannya.

Merawat AC sebenarnya tidak sesulit yang anda bayangkan. Hanya saja, anda perlu memperhatikan beberapa hal agar anda bisa merawat AC anda dengan baik. Berikut ini adalah beberapa tips merawat AC yang bisa anda terapkan di rumah.

1. Hal pertama yang perlu anda perhatikan adalah pemakaian AC. Jangan terlalu boros atau terlalu sering menyalakan AC. Jika anda bepergian atau pergi meninggalkan ruangan ber AC anda, jangan lupa untuk mematikan AC. Gunakan AC seperlunya saja.

2. Jika ada anggota keluarga anda yang sedang mengalami gangguan kesehatan, sebaiknya anda tidak terlalu sering menyalakan AC. AC bisa menangkap virus yang dikeluarkan oleh manusia. Karenanya, anda jangan berada di dalam satu ruangan dengan anggota keluarga yang sedang sakit dan dengan AC yang menyala. Hal ini bisa membahayakan diri anda karena AC bisa membantu persebaran virus dan berbagai penyakit.

3. Selain pemakaiannya, anda juga perlu memperhatikan kebersihan AC. Anda bisa memeriksa secara manual komponen saringan atau filter pada AC. Anda bisa melakukan pemeriksaan sambil membersihkan paling tidak sebulan sekali.

Pembersihan sangat penting untuk dilakukan karena jika AC anda dalam keadaan kotor, AC anda bisa menyimpan virus dan bakteri yang berbahaya. Hal ini akan justru masuk ke ruangan anda dan bisa menyebabkan bau yang tidak sedap. Selain itu, virus dan bakteri tersebut juga bisa menyebabkan infeksi.

4. Selain filter, anda juga harus memeriksa komponen dari AC anda secara rutin, seperti kondensor. Anda perlu memastikan bahwa kondensor yang terletak di luar ruangan bersih dari debu, semak, daun-daunan, atau kotoran lain.

Hal ini sangat penting untuk memastikan kondensor anda bekerja dengan sempurna. Jika anda ingin membersihkan kondensor, anda bisa membersihkannya dengan menghilangkan daun-daun yang menempel. Untuk menghilangkan debu, gunakan vacum cleaner.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s