Siswa ingin menjawab dengan Bahasa Latin …

Standard

Hari Kamis, 11 Oktober 2012, Ulangan Tengah Semester 1 di SDIT Al Hikmah Bintara, Bekasi. Saya dan Mr. Sodiq bertugas mengawasi ujian Kelas 4 Abdurrahman Bin Auf. Alhamdulillah, semua aman terkendali (… meminjam istilah Ms. Heni :-)).

Di suatu soal Bahasa Arab, Adim bertanya,

“Mister, soal ini dijawab dengan Bahasa Latin?”

Sontak saya ingat artikel yang baru saya kirim ke blog SDIT Al Hikmah. Saya balik bertanya,

“Kamu tahu Bahasa Latin?”

“Kan, yang itu … A, B, C, D …”

“Mau tahu Bahasa Latin? Ini mister  tuliskan …”

Langsung saya bangun, lalu menuliskan kalimat yang saya ingat terus sejak masih SD; kalimat yang sering diucapkan oleh guru olah raga saya.

MENS SANA IN CORPORE SANO

“INI Bahasa Latin”

“Apa itu artinya?” tanya Gian.

“Artinya …”

“Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat,” jawab saya.

Setelah saya pikir lagi, barulah saya meneruskan bicara,

“Yang lebih tepat sebenarnya ‘Pikiran yang sehat di dalam tubuh yang sehat’, kira-kira begitu”

“Ada lagi istilah Bahasa Latin yang lain,” sahut Mr Sodiq.

“Apa, Pak?”  tanya saya.

“Witing tresna jalaran saka kulina … alon-alon asal waton …”

Seketika saya tertawa lebar …😀.

 

Ditulis oleh Mr. Dany, Guru SDIT Al Hikmah Bintara, Bekasi

Leave a Reply

