Jaga Kesehatan dihari Lebaran

Standard

Setelah berpantang makan dan minum selama sebulan penuh, banyak orang menganggap lebaran sebagai hari pembalasan. Apabila sebelumnya siang hari harus sabar menahan lapar, maka ketika lebaran  makanan apa pun yang teredia akan disambar. Awas, perhatikan menu yang masuk dalam perut agar tidak jatuh sakit usai lebaran. Memilih makanan yang tepat saat lebaran sangat di perlukan untuk menjaga kesehatan tubuh sehingga tidak menganggu aktivitas kita.

Agar tetap sehat saat bersantap lebaran, Dr. Saptawati Bardosono, MSc, ahli gizi dari FKUI-RSCM. memberikan beberapa tips, yaitu:

– Makan tetap teratur serta jangan mengambil porsi yang terlalu besar setiap kali makan. Jadwalnya makan pagi sesudah salat, selingan pagi, makan siang, selingan sore dan makan malam. Semuanya dengan porsi seperti hari-hari biasa.

– Konsumsi makanan dengan komposisi zat gizi yang seimbang, yaitu banyak sumber karbohidrat kompleks (nasi atau ketupat), sedikit lemak dan protein (opor, gulai) serta sedikit sekali gula, minyak dan garam termasuk kue-kue yang manis.

– Setiap kali makan harus terdiri dari berbagai jenis makanan termasuk sayur dan buah. Jangan hanya mengambil makanan yang disukai saja atau yang enak rasanya.

– Selalu ingat bahwa makanan yang kaya kandungan lemak akan memberikan asupan kalori yang paling besar sehingga rawan menyebabkan kenaikan berat badan.

Semoga bermanfaat…………

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s