5 raka’at?

Standard

Sore ini, ashar, 19 Juli 2012, saya sholat di suatu musholla kecil. Saya datang telat. Nampaknya imam sudah sujud pertama di raka’at pertama ketika saya sampai di shaf (cuma 1 shaf).

Di sebelah saya (di sisi yang lebih dekat ke imam) sudah ada seseorang yang terlihat sibuk mengetik sesuatu di hape-nya. Saya berdiri di sebelahnya, lalu langsung takbiratul ihram, lalu mengikuti gerakan imam yang sedang sujud kedua.

Selesai shalat, saya dan orang di sebelah saya itu sama-sama menambah satu raka’at setelah imam selesai salam. Orang itu selesai lebih dulu, lalu wirid di sebelah saya. Saya melanjutkan shalat sampai selesai.

Setelah saya salam, tiba-tiba orang itu mengajak bersalaman, lalu bertanya sesuatu yang tidak saya duga,

“Tadi Mas sholat 5 roka’at?” tanya dia.

“Tidak, Pak”, jawab saya.

“Tapi tadi kan sudah ikut imam sujud?”

“Oh, saya mengganti raka’at yang saya tidak ikut berdiri bersama imam,” jawab saya.

“Oh, yang tadi itu tidak dihitung?”

Saya berhenti sejenak untuk memikirkan jawaban yang lebih berhati-hati supaya bapak ini tidak salah paham. Kemudian, saya menjawab,

“Berdasarkan dalil yang lebih kuat, saya sebagai ma’mum yang terlambat, wajib mengikuti gerakan imam, apapun gerakan yang saya temui, lalu saya menambah berapa raka’at yang saya tidak ikut berdiri bersama imam … atau ruku’ …”

“Oh, begitu, makanya saya tanya …” sahut orang itu.

Perkataannya selanjutnya saya kurang jelas mendengar karena agak cepat dan agak bercampur dengan omongan saya sendiri. Kemudian, dia berkata,

“Kalau begitu terima kasih, ya,” katanya.

“Sama-sama, Pak” jawab saya.

Demikian percakapan singkat yang saya alami ashar tadi. Ternyata memang tidak semua orang sudah tahu bahwa ma’mum harus segera mengikuti gerakan imam ketika dia masbuq dalam shalat. Mungkin karena itu sering saya temui orang-orang yang berdiri saja tidak segera mengikuti imam padahal mereka sudah siap berdiri di shaf.

Semoga keterangan saya itu betul dan memberi manfaat bagi bapak itu. Amin.

oleh Dany

One response »

Leave a Reply

