Muslim Rohingya adalah saudara kita

Standard

Sahabat, mari kita renungkan kembali surat di bawah ini:
Orang-orang mukmin sesungguhnya bersaudara … (QS Al Hujuraat: 10)
Dimana pun dia dan siapa pun dia maka dia adalah sudara kita ketika dia adalah seorang mukmin. Kalau mereka miskin mari kita bantu meringankan kemiskinan mereka. Kalau mereka tertindas mari kita bantu dengan kemampuan kita untuk mengangkat harkat dan martabat mereka.

Sahabat, dengarlah tangis mereka, dengarlah rintihan mereka yang kesakitan ditindas oleh kebiadaban. Mereka dibantai, dizolimi, ditindas, para perempuan diperkosa, dan diusir dari tanah kelahiran mereka. Mereka adalah saudara kita yang ada di Myanmar. Mereka adalah saudara kita muslim Rohingya.

Rasulullah telah mengingatkan kita dalam sabdanya:
”Tidak beriman salah seorang di antara kamu sampai ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri.” (HR. Bukhari-Muslim)
Hadist ini telah mempertanyakan keimanan kita. Layakkah kita disebut sebagai orang beriman kalau kita tidak perduli dengan saudara kita yang ada jauh di sana!
Adakah alasan bagi kita untuk tidak mencintai mereka!

Sahabat lihatlah raut muka mereka yang nampak jelas terlihat ketakutan dan kesedihan. Lihatlah bocah-bocah kecil yang tidak bisa merasakan tawa dan canda. Kebahagian mereka telah dirampas. Rasanya hati ini tersayat-sayat dengan apa yang mereka rasakan. Masihkah kita merasakan enaknya makanan padahal mereka sudah tidak mengenal makanan! Masihkah kita masih bisa tertawa padahal mereka hanya bisa menangis!

Apa yang bisa kita lakukan!

Sahabat, kita tidak bisa tinggal diam. Mari kita bantu mereka dengan apa yang bisa kita lakukan. Kalau kita mampu untuk berteriak maka berteriaklah baik dengan lisan atau dengan tulisan. Kalau kita mampu untuk memberikan donasi dana maka berikanlah. Sahabat, sedikitnya marilah kita bantu mereka dengan doa kita. Karena doa adalah senjata bagi orang mukmin. Marilah kita berdoa semoga Allah memberikan mereka kekuatan dan melenyapkan segala kezoliman di muka bumi ini. Amiiin.

Bagi guru SDIT Al Hikmah Bintara, yang ingin mengirimkan tulisan silahkan kirim ke email: sditalhikmahbintara@gmail.com, atau hubungi admin mr agung dan di sini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s