Ibu, Aku mencintai Ibu karena Allah

Standard

anwar insan siregar ♦ Juli 28, 2012 ♦ Tinggalkan sebuah Komentar

Sepekan ini aku mengajar tahfidz kepada anak-anakku di kelas 3 SD. Bertepatan di bulan Ramadhan surat yang menjadi target adalah surat Al Isra: 23- 27. Dalam sepekan aku hanya menargetkan anakku satu ayat saja yakni surat Al Isra ayat 23.

Subhanallah, surat ini mengingatkan aku kepada kedua orangtuaku di kampung. Ibuku yang luar biasa sekali pengorbanannya sampai melahirkan kami 11 bersaudara. Ibuku lembut sekali. Ya Allah berikanlah aku kekuatan suatu saat nanti aku bisa membalas kebaikan ibu. Ibu maafkan aku yang sering lupa untuk mendoakanmu.
Semalam aku bermimpi bertemu dengan ayah. Aku minta maaf kepada ayah dan ayah juga minta maaf kepada aku. Kata ayah dulu ia sering kasar dalam mendidik. Aku sangat senang sekali karena aku dan ayah bisa saling memaafkan. Aku juga merasa bersalah karena sering tidak mendengar kata-kata ayah. Sekarang ayah sudah mendahului kami. Berawal dari sakit berhari-hari akhirnya Allah memanggil ayah. Ayah… Semoga Ayah bersama Allah di sana. Ampuni dosa-dosa ayah ya Allah.
Aku pun memulai mengajarkan surat Al Isro ayat 23.

Artinya:
Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.( Al Isro:23)

Artinya dalam Bahasa Inggris
And your Lord has Qada) decreed﴾ that you worship none but Him. And that you be dutiful to your parents. If one of them or both of them attain old age in your life, say not to them a word of disrespect, nor reprimand them but address them in terms of honor.

Subhanallah, anak-anakku di kelas pintar-pintar menghafalnya. Salah satu yang paling cepat menghafal adalah anakku yang bernama Tyo. Wah luar biasa. Semoga Tyo menjadi hafidz kelak nanti.

Aku pun mengakhiri surat ini dengan satu kata “Ibu, Aku mencintai Ibu karena Allah”. Ucapkan kata ini kepada Ibu atau Bunda atau Ummi atau Mama, atau kata lain yang sama maknanya dengan Ibu.

Minggu depan aku akan melanjutkan surat Al Isra ayat 24.
Bersambung…

Bagi guru SDIT Al Hikmah Bintara, yang ingin mengirimkan tulisan silahkan kirim ke email: sditalhikmahbintara@gmail.com, atau hubungi admin mr agung dan di sini

Leave a Reply

