Tentang Al Hikmah Bintara

Standard

Assalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

“Hendaklah kalian khawatir akan meninggalkan keturunan yang lemah yang hidup sesudah kalian. “ (QS. An-Nisa: 9)

 

Pendidikan adalah kebutuhan dasar bagi umat manusia dan dengan pendidikan martabat manusia menjadi mulia. Salah satu penyebab tersisihnya umat Islam dan bangsa kita di panggung dunia dikarenakan rendahnya perhatian kita terhadap dunia pendidikan. Kita harus mengakui bahwa sistem pendidikan nasional yang ada sekarang masih banyak yang perlu dibenahi, diantaranya sistem pendidikan yang tidak integral, kurikulum yang tidak sistematis dan sumber daya manusia yang kurang terampil. Untuk itu dibutuhkan peran aktif dari berbagai pihak untuk mengupayakan solusi terbaik dalam mengatasi krisis bidang pendidikan ini yakni dengan menghadirkan bentuk sekolah alternatif.

 

Alhamdulillah mulai tahun ajaran 2004/2005 Yayasan Pendidikan Islam Al-Hikmah bekerjasama dengan Konsultan Pendidikan membuka Sekolah Dasar Islam terpadu (SDIT) Al-Hikmah. Seluruh program telah terancang dengan Sistematis dan Profesional yakni memadukan

Konsep SDIT dengan berbagai muatan ciri dan target yang khas, manajemen dan metode mutakhir dalam bidang pendidikan dan pengajaran yang selama ini diadopsi sekolah-sekolah yang berwawasan Internasional atau Sekolah Internasional Plus dengan tetap menjadikan pesan-pesan Dienul Islam sebagai rujukan yang utama dan pertama yaitu Al-Qur’an dan As-Sunnah. Metode- metode mutakhir seperti SAL (Student Active Learning), Multiple Inteligence (Kecerdasan Majemuk), Pendekatan Pengajaran Tematik, Multilingual (Pengantar Tiga Bahasa), sistem penilaian melalui Rapor Narasi, dll. Insya Allah akan lebih mengoptimalkan seluruh Input, Proses, dan Output dalam kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

 

Program tersebut diharapkan berjalan optimal karena didukung oleh gedung yang representatif dan strategis milik sendiri, ruang kelas yang nyaman (ber-AC), jumlah siswa perkelas maksimal 30 orang yang diasuh oleh dua orang guru (kelas 1, 2, & 3) fasilitas penunjang yang memadai seperti Lab. Bahasa, Lab. Sains, Lab. Komputer, dan Perpustakaan. Harapan kami, usaha yang mulia ini mendapatkan dukungan dan kepercayaan dari orang tua untuk bersama- sama memberikan yang terbaik bagi anak. Target jumlah siswa pada tahun ini maksimal 90 orang siswa (tiga kelas) untuk kelas 1, juga menerima pindahan untuk kelas dua, tiga, empat, lima, dan enam, 90 oang siswa untuk Play Group dan TK.

Wassalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

 

VISI

Integrated, Islamic, International

 

M I S I

  1. Mengajar siswa dengan pengetahuan akademik dan cara berpikir yang benar sesuai kebijakan kurikulum yang sistematik dan terpadu.
  2. Membentuk siswa yang beriman, cerdas, berakhlaq mulia dan berwawasan global dengan mengembangkan potensi yang sesuai dengan tingkat usia, perkembangan dan pertumbuhan siswa.
  3. Menumbuhkan kesadaran dan tanggung jawab sosial siswa dengan menyiapkan wawasan sosial dan keterampilan hidup yang sehat.
  4. Mengembangkan hubungan sinergis dan kerja sama produktif antar intitusi keluarga (orang tua) dan intitusi sekolah dalam rangka maksimalisasi proses dan nilai pendidikan.

About Admin Al Hikmah

ekolah Internasional Plus dengan tetap menjadikan pesan-pesan Dienul Islam sebagai rujukan yang utama dan pertama yaitu Al-Qur’an dan As-Sunnah. Metode- metode mutakhir seperti SAL (Student Active Learning), Multiple Inteligence (Kecerdasan Majemuk), Pendekatan Pengajaran Tematik, Multilingual (Pengantar Tiga Bahasa), sistem penilaian melalui Rapor Narasi, dll. Insya Allah akan lebih mengoptimalkan seluruh Input, Proses, dan Output dalam kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s